SIMULASI PERSIDANGAN OLEH MAHASISWA-MAHASISWI PPL UNIVERSITAS SAINS AL-QURAN (UNSIQ) WONOSOBO

Rabu 25 September 2019 adalah hari dimana mahasiswa/i Universitas Sains Al-Quran (UNSIQ) Wonosobo mempraktekkan hasil pengalaman dan ilmu yang didapat selama menjalani Program Pengalaman Lapangan dengan diadakan nya simulasi sidang. Simulasi di laksanakan diruang sidang Pengadilan Agama (PA) Banjarnegara langsung di nilai oleh Hakim Drs. BAKIR FUADI dan Panitera Muda Gugatan Anas Mubarok , S.H.

 

Simulasi dimulai pukul 14.00 Wib, pertama mempraktekkan perkara gugatan yaitu cerai gugat. Dimana para mahasiswa/i mempraktekkan layaknya majelis dan bertanya satu persatu kepada pemohon untuk menggali jawaban-jawaban agar perkaranya di kabulkan. Sedangkan untuk perkara gugatan ada praktek tambahan yaitu mediasi untuk mencegah terjadinya perceraian, ya mungkin saja setelah adanya mediasi kedua belah pihak b isa berdamai dan kembali rukun.

 

Akhir praktikum Hakim memberikan penilaian serta kesimpulan kepada mahasiswa/i UNSIQ Wonosobo, diharapkan dengan adanya simulasi ini dapat memhami dan menerapkan untuk ke depan nya nanti dan tahu bagaimana proses sidang berlangsung saat menjadi hakim.