PA Banjarnegara Gelar Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi

BANJARNEGARA, Kantor Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Banjarnegara bersama BPBD Banjarnegara, menggelar simulasi dan evakuasi korban bencana gempa bumi. Kegiatan tersebut, diikuti seluruh aparatur Pengadilan Agama Banjarnegara, Jum'at (19/7/2019).

Kalakhar BPBD Banjarnegara, Arief Rahman mengatakan, kegitan dan simulasi tersebut merupakan bagian dari sosialisasi kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, khususnya gempa bumi.

Simulasi ini, sebagai upaya pemahaman bencana kepada seluruh karyawan yang ada di Pengadilan Agama Banjarnegara. Mereka mendapatkan pelatihan dasar tentang apa yang harus dilakukan, jika terjadi bencana gempa bumi.

“Kita sosialisasi tentang kesiapsiagaan dan keselamatan dalam gedung, ketika terjadi gempa bumi. Diharapkan semua pegawai memahami dan memiliki kapasitas, dalam upaya mengurangi risiko bencana,” katanya.

Dengan pelatihan dan pemahaman bencana, para pegawai maupun masyarakat sekitar diharapkan dapat dengan sigap bertindak dan mengevakuasi diri supaya  tidak muncul korban jiwa.

“Kita juga melakukan pemasangan rambu jalur evakuasi hingga titik kumpul, termasuk pertolongan darurat jika terjadi bencana,” ujarnya. (oel) Sumber