Ketua MA resmikan 85 Pengadilan Baru di Melounguane

Melounguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara - Ketua Mahkamah Agung (KMA) Republik Indonesia Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. meresmikan operasionalisasi 85 (delapan puluh lima) Pengadilan baru di seluruh Indonesia, Senin tanggal 22 Oktober 2018 di Melounguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

85 pengadilan baru yang diresmikan tersebut terdiri dari tiga badan peradilan yaitu 30 Pengadilan Negeri, 50 Pengadilan Agama, tiga Mahkamah Syariah, dan dua Pengadilan Tata Usaha Negara.

"Peresmian 85 Pengadilan ini merupakan momentum penting bagi perwujudan azas Peradilan: yang cepat, sederhana dan biaya ringan. Selain itu juga kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mempermudah akses masyarakat terhadap keadilan serta mendorong pemerataan ke daerah-daerah yang selama ini masih dianggap terpencil khususnya yang menjadi serambi depan Indonesia atau daerah perbatasan", Ungkap KMA Republik Indonesia.

Lebih lanjut KMA mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Propinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Kepulauan Talaud yang menjadi tuan rumah kegiatan ini, beliau juga menitipkan pesan kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dari 85 daerah pengadilan baru, agar bisa bersama-sama merawat dan menjaga kehormatan penegakan hukum demi terwujudnya penegakan hukum yang berkeadilan untuk seluruh masyarakat.

KMA Republik indonesia menandatangani prasasti peresmian operasional 85 pengadilan baru di dampingi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Gubernur Sulawesi Utara dan Bupati  Kabupaten Kepulauan Talaud.

Video Peresmian

Video Peresmian