Outbound Pengadilan Agama Banjarnegara dalam rangka persiapan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM)

Kegiatan Outbound dalam rangka menyongsong euforia Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) yang dilaksanakan pada 19 Januari 2018 bertempat di Pinggir Kali Serayu (THE PIKAS RESTO) Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara merupakan inisiatif program kerja baru yang dilakukan oleh Bpk. Drs. H. Malik Ibrahim, S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Klas IA hal ini dilaksanakan untuk  memperoleh semangat yang bernilai positif yang dapat memberikan banyak manfaat, antara lain disiplin bekerja, kekompakan antar sesama dan membangun jiwa korps Warga Pengadilan Agama Banjarnegara Klas IA hal ini juga dapat menjalin keakraban dan kerja sama agar dapat melaksanakan program kerja pada Kantor Pengadilan Agama Banjarnegara Klas IA secara baik, meningkatkan kemampuan memimpin yang lebih baik, baik memimpin diri sendiri maupun orang lain dalam berogainsasi dan lingkungan sekitar, serta pelayanan publik yang lebih maksimal. Karna itulah tujuan dari SAPM itu sendiri.

Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh Pegawai Pengadilan Agama Banjarnegara Klas IA dan didampingi oleh fasilitator dengan nama TIM BANYUWONG. Kegiatan ini diawali dengan Perkenalan yang dipimpin oleh Ketua panitia Drs. H. Moh. Nursalim, MH. dan di lanjutkan dengan kegiatan senam otak dengan berbagai macam games-games ringan. Beberapa menit kemudian kegiatan dimulai yang diawali dengan peregangan dan kerjasama. Kegiatan Outbound dilaksanakan dalam bentuk permainan yang telah ditentukan dan dikordinir oleh fasilitator Outbound.

Dari permainan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan Outbound dalam bentuk permainan ini adalah salah satu kegiatan pengembangan Softskill. Dalam permainan ini dibutuhkan suatu loyalitas yang tinggi baik menjadi seorang pemimpin maupun orang yang dipimpin,. kerjasama, kekompakan, solidaritas, kedisiplinan, konsentrasi, toleransi, kordinasi, kepercayaan, startegi daya tahan serta keterampilan baik secara fisik maupun berhubungan dengan orang lain. sangat dibutuhkan dalam menjalankan tugas dan mencapai suatu tujuan. Dalam kaitanya seorang pemimpin dengan manusia sebagai makhluk sosial bahwa seorang pemimpin dalam melaksanakan suatu kegiatan itu membutuhkan orang lain yang tidak lain adalah anggotanya sendiri. Maka antar seorang pemimpin dengan anggotanya harus saling menghargai, membantu satu sama lain serta berkordinasi dengan baik.

Kedisiplinan adalah kunci dari kesuksesan. Koordinasi yang baik adalah awal dari hubungan yang harmonis. Kegiatan Outbound dalam bentuk permainan ini tentunya tidak telepas dari unsur – unsur yang terkandung dalam olahraga seperti rekreasi (kesenangan) dan kesegaran jasmani.